February 10, 2013

Getaran Dalam Suara

Aku suka suara jangkrik, dipadu dengan suara kodok yang terkadang bikin jantungan kalo bareng - bareng kodoknya nyanyi tiba - tiba. Aku sering di belakang rumah, mendengarkan bunyinya bahkan mencoba merekamnya, tapi gak pernah berhasil. Pernah aku pakai hape, laptop, tambah dengan mic, tetep belum berhasil mendapatkan seperti yang aku dengar langsung.

Ketika aku mendengar langsung, gendang telinga merespon untuk mendengarkan sekitar. Suara yang berada di sekitar kita ditangkap oleh telinga, daun telinga yang berfungsi sebegai parabola, mengumpulkan dan membawanya masuk ke dalam lubang telinga. Sama seperti corong, memampatkan suara lalu memasukkannya menuju gendang telinga.

Proses itu digunakan saat mencoba mendengarkan semua suara. Jika berada dalam kondisi yang lain, bisa saja kita mencoba untuk fokus. Yeah, di situ aku sadar, telinga memang luar biasa dahsyatnya, sekali sudah fokus mendengarkan, suara apapun bisa menghilang, dan yang terdengar hanya suara yang dicoba untuk fokus tadi.

http://linsenschuss.deviantart.com/art/Feel-the-Sound-311939951

No comments: